Sabtu, 15 Maret 2008

Pidato Abu Bakar, Khalifah Pertama

Saat dipilih sebagai khalifah, dia naik ke atas mimbar lalu menatap orang-orang didepannya seraya berkata :

"Wahai manusia, sungguh aku telah diamanati untuk mengurus kalian, padaha; aku bukanlah yang terbaik di antara kalian. Namun, Al-Quran telah diturunkan, dan Rasul SAW telah mengajarkan Sunnah, dan kita telah mempelajarinya. Ketahuilah, sesungguhnya kebajikan yang paling baik adalah takwa; sedangkan kebodohan yang paling bodoh adalah berbuat dosa. Sesungguhnya, bagiku, orang yang paling kuat di antara kalian adalah justru orang yang paling lemah hingga aku mengambil darinya hak untuknya, sedangkan orang yang paling lemah di antara kalian adalah justru orang yang paling kuat hingga aku mengambil hak dari orang kuat itu. Wahai manusia, sesungguhnya aku hanyalah pengikut, bukan pembuat ajaran baru. Oleh sebab itu, jika aku berbuat benar, maka bantulah aku. Dan jika aku berbuat salah, maka koreksilah aku."

Sumber :
Akbar, Muhammad Ubaidul. 2006. Orasi-Orasi Muhammad Sang Rasul. Bandung : OASE Mata Air Makna.

Tidak ada komentar: