Selasa, 11 Maret 2008

Contoh : Lembar Kegiatan Observasi Tes

Lembar Kegiatan Observasi
TES : ……………………..

Nama : ……………………. Jenis Kelamin : ………………………
Tgl. Lahir : ……………………. Tgl. Tes : ………………………
Pendidikan : ……………………. Waktu Tes : ………………………
Tempat Tes : ……………………. Alamat : ………………………


I. Selama Testee Diberi Instruksi

1. Melihat kepada tester dan mendengarkan dengan penuh perhatian
a. tidak
b. kadang-kadang
c. selalu

2. Testee melihat-lihat sekitar ruang.
a. ya
b. tidak

3. Testee mengajukan pertanyaan kepada tester
a. tidak
b. kadang-kadang
c. selalu

4. Approach kepada tes
a. lambat
b. ragu-ragu
c. cepat

5. Sikap terhadap tes
a. acuh tak acuh
b. santai
c. serius

6. Ekspresi yang berhubungan dengan kemampuan sendiri terhadap tes
a. mengatakan bahwa tugas itu mudah
b. mengekspresikan antusiasnya
c. tidak dapat mengerjakan
d. tidak memberikan komentar, diam

7. Penilaian/kritik terhadap tugas yang diberikan, baik melalui ucapan atau gerakan ;
…………………………………………………………………………………........
…………………………………………………………………...........................

II. Selama Testee Mengerjakan Tes

1. Permulaan
a. langsung dimulai
b. melihat-lihat dahulu baru memulai
c. memulai dengan beberapa ulangan atau selalu dengan cara yang lama

2. Selama mengerjakan tugas
a. arah perhatian
1. memperhatikan tugas-tugasnya
2. perhatiannya keliling
3. kurang memperhatikan tugas-tugasnya

b. daya kosentrasi
1. sangat terpusat
2. terbagi-bagi

c. ekspresi perasaan emosi
1. tenang
2. tidak tenang
3. terkejut

d. mengekspresikan perasaan
1. selama seluruh tes berlangsung
2. hanya sebagian-sebagian
3. tidak mengekspresikan perasaannya

e. gerak-gerak badan
1. koordinasi baik
2. koordinasi sedang
3. gelisah

f. tempo kerja
1. cepat
2. sedang
3. lambat

g. gerakan tangan
1. terampil/cekatan
2. pasti/teguh/mantap
3. cepat, nervous
4. lambat

h. cara bekerja
1. sesuai dengan tugas
a. bekerja sistematis
b. meloncat-loncat
c. teratur
d. tidak teratur

2. menurut jenis tindakan
a. teliti
b. ceroboh/kotor

i. mempergunakan alat-alat
1. dengan baik/teratur
2. dengan ceroboh/acak-acakan

j. selama testee bekerja, mengembalikan alat-alatnya
1. ya
2. tidak

k. kalau timbul kesulitan, tidak minta pertolongan tetapi ada sikap
1. acuh tak acuh
2. mengatasi kesulitan dengan cara yang korek
3. tenang
4. gelisah

l. minta pertolongan
1. bekali-kali
2. satu kali
3. tidak pernah

m. sikap selama ditolong
1. acuh tak acuh
2. gembira
3. berterima kasih
4. agak pesimis
5. penuh kepercayaan
6. menunjukkan perasaan tidak senang

n. mengerjakan instruksi
1. dengan cepat
2. mengerjakan dengan penyimpangan :
- positif
- negative
3. mengerjakan dengan lambat

III. Sikap terhadap performance


1. mengetahui kesalahannya
a. kadang-kadang
b. mengetahui pada akhir tes
c. selama mengerjakan tes
2. tidak mengetahui kesalahan dan tidak mengecek kesalahannya

IV. Kelakuan pada akhir tes

1. tinggal diam dan mengerjakan dengan tenang
2. mengatakan hasil-hasilnya
3. mengajukan pertanyaan-pertanyaan
4. mengekspresikan emosi

V. Sesudah Testing

1. Meninggalkan alat-alatnya
a. teratur
b. tidak tearatur

2. mempergunakan alat-alatnya
a. secara ekonomis
b. tidak ekonomis

3. meninggalkan tempat dengan
a. cepat
b. lambat

ttd
OBSERVER

Sumber :
Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Tidak ada komentar: