Rabu, 05 Maret 2008

Edukasi Net Sebagai Situs Pembelajaran Berbasis Internet

Edukasi Net merupakan situs pembelajaran yang menyediakan bahan belajar berbasis web yang bersifat interaktif serta meyediakan fasilitas komunikasi antara pengajar dengan peserta didik, antar peserta didik, dan peserta didik dengan sumber belajar lain.
Ke depan, diharapkan situs pembelajaran yang sedang dikembangkan tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penyediaan bahan belajar yang meliputi seluruh mata pelajaran untuk seluruh jenjang dan jalur pendidikan, bimbingan belajar, bimbingan dan penyuluhan/konsultasi, tutorial, remedial, e-mail, forum diskusi, mailing list, uji kemampuan, bank soal, pengetahuan popular, dan lain-lain. Disamping itu, EdukasiNet diharapkan dapat menyediakan berbagai informasi praktis tentang berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan guru dalam melaksanakan tugas sehari-harinya sebagai pengajar professional.
Kemudian, sebagaimana yang telah dikemukakan dalam Five-years Action Plan di atas, situs pembelajaran ini nantinya akan mampu berperan sebagai suatu jaringan sekolah (school net) dan memberikan dukungan bagi pendidikan/pelatihan jarak jauh khususnya untuk meningkatkan kompetensi guru. Sebagai suatu jaringan sekolah, dalam perkembangan selanjutnya EdukasiNet diharapkan akan memiliki atau menjadi bagian dari komunitas jaringan berskala nasional, regional, dan bahkan internasional.

Situs utama yang berisfat nasional akan memuat fitur yang bersifat nasional, artinya bisa dimanfaatkan secara terbuka oleh semua pengguna baik siswa pada sekolah yang memanfaatkan EdukasiNet, maupun siswa-siswa lain secara perorangan yang sekolahnya belum memanfaatkan EdukasiNet sebagai satu kesatuan pembelajaran di sekolah. Diharapkan sekolah-sekolah yang memanfaatkan EdukasiNet, akan menggunakan sumber-sumber belajar yang ada pada situs EdukasiNet Nasional sebagai bahan pengayaan, rujukan, dan penugasan sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Kemudian secara synchronous atau asynchronous secara individual siswa akan mengikuti bimbingan belajar, tutorila, dan konseling yang memiliki kompetensi dalam bidangnya. Juga secara individual siswa bisa melakukan uji kemampuan, memanfaatkan bank soal dan menggunakan fasilitas virtual lab untuk meningkatkan kemampuannya.

Berbeda dengan situs nasional yang sifatnya terbuka, situs lokal sekolah dirancang untuk melayani keperluan sekolah, baik aspek manajemen sekolah seperti informasi umum, persyaratan, dan tata cara mengikuti pelajaran, jadwal pelajaran, staf pengajar, pengumuman, kemajuan/prestasi siswa, FAQ, dan lain-lain. Juga aspek yang berhubungan dengan keperluan pembelajaran seperti penyediaan bahan ajar (yang dikembangkan oleh gru setempat), study guide, tutorial/pengajaran, diskusi, kolaborasi, presentasi, konferensi, kuis, latihan, penugasan, tes, nilai, dan lain-lain.

Situs lokal atau situs sekolah ini sifatnya agak tertutup, artinya hanya siswa sekolah tersebut atau yang terdaftar saja yang bisa mengakses informasi tertentu. Untuk itu, pada situs sekolah ini akan dikembangkan dengan menggunakan Web Course Tool, yaitu suatu Authoring Tools, yang dirancang untuk membantu guru dalam mengembangkan e-learning secara mudah. Authoring Tools berbahasa Indonesia yang akan dipergunakan pada saat ini sedang dikembangkan oleh tim PUSTEKOM.

Berangkat dari itu semua, sejak bulan Juni 2002 dimulailah kegiatan pengembangan EdukasiNet yang diawali dengan kegiatan untuk menggalang dukungan dari lingkungan Depdiknas seperti DIrektorat Pendidika Menengah Umum, dan Direktorat Menengah Kejuruan serta dari kalangan luar Depdiknas seperti Divisi Risti PT Telkom, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jaringan Informasi Sekolah (JIS), ICT Watch, dan media massa yang bergerak dalam bidang IT (Internet).

Kegiatan tersebut kemudian diikuti dengan serangkaian kegiatan penyelenggaraan seminar e-learning pada tanggal 2 Juli 2002, dan dilanjutkan dengan pengembangan desain sistem, pengembangan sumber daya manusia, pembuatan prototipe format sajian, penyepakatan format sajian, pengembangan model pemanfaatan, pelatihan tenaga pengembang materi, pengembangan materi pembelajaran, pengembangan situs EdukasiNet, sampai dengan kegiatan launching yang telah dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2003 bertepatan dengan pencanangan bulan Telematika oleh Menkominfo. Untuk mencapai bentuk akhir yang diharapkan, EdukasiNet akan terus dikembangkan kemampuan SDM pengembangannya dan perkembangan kebutuhan di lapangan.

Manfaat EdukasiNet

Setelah kurang lebih satu tahu berjalan, dari hasil evaluasi yang dilakukan PUSTEKOM diperoleh informasi tentang keuntungan dari pemanfaatan EdukasiNet. Keuntungan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
- Siswa dan guru dapat memperoleh sumber belajar yang sesuai kurikulum.
- Guru dengan siswa atau siswa dengan siswa lain dapat melakukan diskusi melalui forum diskusi.
- Guru dengan siswa atau siswa dengan siswa lain dapat saling menerima atau mengirim informasi melalui mailing list.
- Guru dan siswa dapat men-download materi pelajaran yang diperlukan, dan
- Sumber belajar dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.


Sumber :
Yuhetty, Harina & Hardjito. Editor : Chaeruman, Uwes A. Edukasi Net Pembelajaran Berbasis Intenet : Tantangan dan Peluangnya. dalam Prawiradilaga, Dewi Salma & Siregar, Eveline. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Jakarta : Kencana

Tidak ada komentar: