Selasa, 11 Maret 2008

Komponen dalam mendisain materi pembelajaran

* Buku Pedoman Pembelajaran (Instuctional manual)
suatu buku pedoman pembelajaran memuat panduan-panduan kepada para siswa bagaimana menggunakan semua sumber belajar termasuk modul. Buku panduan berisi strategi yang penting untuk siswa dalam hal memberitahukan mereka apa yang harus dilakukan pertama kali, yang kedua, ketiga, dan seterusnya.

* Bahan-bahan pembelajaran (Instructional materials)
Bahan-bahan pembelajaran memuat informasi baik yang tertulis atau yang di-media-kan, dimana seorang siswa akan mencapai tujuan pembelajaran.

* Tes (Test)
Semua bahan-bahan pembelajaran harus disertai dengan tes. ini mungkin termasuk tes tingkah laku (behaviors test), dan/atau suatu pre-tes, serta post-tes. anda mungkin ingin menempatkan tes sebagai bagian terpisah dari komponen materi pembelajaran, tetapi menempatkannya pada komponen yang lain. contohnya, anda menempatkan tes tingkah laku, pre-tes, dan post-tes pada buku pedoman guru, sehingga materi tes tidak tersedia pada buku pedoman siswa.

* Buku Pedoman guru (Instructor's manual)
Buku pedoman guru harus tersedia yang memberikan deskripsi secara umum mengenai bahan-bahan pembelajaran dan termasuk rangkaian pembelajaran bagi para siswa.

Sumber :
Dick, Walter & Carey, Lou. 1978. The Systematic Design Of Instruction. United States of America. Scott, Foresman and Company.

Tidak ada komentar: