Komunikasi adalah proses penyampaian pesan (ide, informasi, keinginan, dsb) dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan media tertentu sehingga terciptalah kesatuan pemahaman pesan tersebut dan mempengaruhi sikap, perilaku, dan pikiran orang tersebut.
Efektif
Secara ekonomis, tujuan tercapai
Secara phisiologis, tidak menimbulkan bahaya fisik
Secara psikologis, adanya kepuasan
Secara sosiologis, tidak mengorbankan hubungan yang harmonis
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang menimbulkan pengertian, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang makin baik, dan tindakan.
Macam-macam Komunikasi Perkantoran
* Komunikasi vertikal (downward & upward)
* Komunikasi horizontal
* Komunikasi diagonal
* Komunikasi verbal
* Komunikasi internal
* Komunikasi eksternal
* Komunikasi non-verbal
Hambatan Komunikasi Perkantoran
* Hambatan sosiologis (perbedaan status, ideologi, agama, tingkat pendidikan, status ekonomi, dsb)
* Hambatan psikologis (sedang marah, sedang bingung, cemas, kecewa, sedih, dsb)
* Hambatan semantis (bahasa yang berbeda)
* Hambatan mekanis (tulisan yang tidak terbaca, sinyal yang hilang, gangguan pada pesawat telepon, dsb)
* Hambatan ekologis (bising, hujan deras, bunyi mesin, dsb)
Syarat-syarat Komunikasi Efektif
* Memiliki keterampilan berkomunikasi
* Memiliki kondisi psikologis yang stabil
* Memahami kondisi komunikan
* Mampu menggunakan media yang tepat
* Tidak bertentangan antara verbal dan non-verbal
Ciri-ciri Kelompok Efektif
1. Memiliki keberadaan untuk melaksanakan tugas-tugas organisasi atau pekerjaan-pekerjaan yang tidak berkaitan.
2. Ada orang-orang yang ditunjuk oleh organisasi yang bersangkutan untuk menjalankan peran resmi tertentu, misalnya sebagai kepala bagian, kepala seksi, dan lain sebagainya.
3. Memiliki struktur, hubungan tugas dan hirarkis yang telah digariskan secara jelas.
Ciri-ciri Tim Efektif
* Merupakan kumpulan orang-orang yang bekerjasama dengan tujuan tertentu, demi mencapai sasaran yang jelas dengan diketahui oleh semua anggota tim dalam suasana saling mempercayai dan penuh percaya diri serta mengutamakan unjuk kerja.
* Anggota kelompok bersedia menerima perbedaan pendapat dan sumbangan pemikiran serta masing-masing individu memiliki peran yang berbeda-beda.
* Pemecahan masalah dilaksanakan secara positif tanpa melibatkan kebencian individu.
* Para anggota dan pemimpin tim bersedia berbagi ilmu pengetahuan, informasi dan keterampilan agar seluruh tim memiliki kemampuan yang sama.
* Perbedaan pendapat dalam pemecahan masalah diselesaikan dengan duduk bersama dengan kepala dingin dan secara terbuka.
* Pembagian dan pendelegasian tanggungjawab dengan orang-orang yang bekerja secara mandiri tetapi tetap dalam kerangkan kerjasama.
* Berbagai saran untuk perbaikan kinerja organisasi diterima dengan baik, walaupun berasal dari anggota tim yang lain.
* Seluruh anggota tim tidak ragu-ragu mengambil inisiatif dan tindakan yang diperlukan, tanpa merasa cemas akan suara yang menentang.
Pegawai Negeri adalah setiap warga negara RI yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Rabu, 04 Desember 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar