Rabu, 04 Desember 2013

Contoh Angket Motivasi Belajar Matematika

1. Saya senang belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
2. Saya memahami materi matematika dengan jelas (SS/S/KS/TS/STS)
3. Saya mengetahui tujuan belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
4. Saya mengerti kegunaan belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
5. Saya tidak malu bertanya, jika ada materi matematika yang kurang jelas (SS/S/KS/TS/STS)
6. Saya aktif  berdiskusi dengan teman saat belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
7. Saya berkosentrasi saat belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
8. Saya semangat belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
9. Saya tidak tenang belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
10. Penjelasan matematika yang disampaikan oleh guru membuat saya bingung (SS/S/KS/TS/STS)
11. Saya mendengarkan dengan sungguh-sunnguh penjelasan matematika yang disampaikan oleh guru (SS/S/KS/TS/STS)
12. Saya bosan belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)  
13. Saya mencatat setiap penjelasan matematika yang disampaikan oleh guru (SS/S/KS/TS/STS)
14. Saya memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan matematika yang disampaikan oleh guru (SS/S/KS/TS/STS)
15. Saya tidak suka belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
16. Belajar  matematika penting bagi saya (SS/S/KS/TS/STS)
17. Saya merasa rugi jika ada materi matematika yang terlewatkan (SS/S/KS/TS/STS)
18. Saya berusaha dengan keras untuk mencari solusi dari permasalahan matematika (SS/S/KS/TS/STS)
19. Saya belajar matematika untuk mendapatkan ilmu dan nilai yang terbaik (SS/S/KS/TS/STS)
20. Saya tidak peduli dengan penjelasan matematika yang disampaikan guru (SS/S/KS/TS/STS)
21. Saya belajar matematika karena kurikulum sekolah mewajibkan (SS/S/KS/TS/STS)
22. Saya tidak perlu belajar matematika (SS/S/KS/TS/STS)
23. Saya datang tepat waktu, karena saya mau mempelajari matematika dari awal sampai akhir pertemuan  (SS/S/KS/TS/STS)
24. Jika guru memberikan pujian atas keberhasilan saya dalam menyelesaikan soal matematika, maka saya menjadi tambah bersemangat menyelesaikan soal yang lain (SS/S/KS/TS/STS)
25. Belajar mandiri membuat saya lebih mengerti matematika (SS/S/KS/TS/STS)

Keterangan:
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
KS = Kurang Setuju
TS = Tidak Setuju
STS = Sangat Tidak Setuju

Indikator Motivasi Intrinsik
Kebutuhan      : 16, 17, 21, 22, 23, 25
Ketertarikan    : 7, 11, 12, 13, 14, 15
Keingintahuan : 5, 6, 18, 20
Kesenangan     : 1, 8, 9
Indikator Motivasi Ekstrinsik
Kejelasan Tujuan Pembelajaran: 2, 3, 4, 10
Hadiah            : 19, 24

Referensi:
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar: