Selasa, 22 April 2008

Tahukah anda bahwa...?

* Sejak awal waktu terdapat lebih dari 90 miliar manusia lahir ke dunia ini, dan masing-masing sangat berbeda dari yang lainnya.

*Otak manusia mengandung satu juta juta neuron atau sel saraf.

* Sel otak begitu kecil sehingga kita bisa memasukkan 10.000 sel ke dalam satu ujung jarum.

* Jika anda membariskan semua sel otak anda, sel-sel otak bisa mencapai bulan dan kembali lagi ke bumi (jarak bulan - bumi sekitar 238.710 mil (348.000 km)).

* Otak manusia bisa menghasilkan ribuan sel otak baru setiap hari.

* Jumlah "peta pikiran" internal yang mampu dihasilkan otak adalah 1 diikuti dengan angka nol (ketikan standar) sepanjang 10,5 juta kilometer.

* Untuk membuat mesin yang bisa melakukan segala sesuatu yang bisa anda lakukan - untuk membuat tiruan anda - akan dibutuhkan biaya lebih dari dua miliar dolar. jadi anda sangat mahal.

* Ketika kita membuat hubungan mental di dalam pikiran-pikiran kita, pada saat yang sama kita juga membuat hubungan fisik di dalam otak kita. secara harfiah, kita membuat otak luar biasa kita semakin kompleks, semakin canggirh, dan semakin powerful untuk setiap hubungan pikiran yang kita buat. oleh karena itu, otak yang anda gunakan untuk membaca sekarang ini tidaklah sama dengan otak yang kemarin, dan tidak akan sama dengan otak di esok hari.

Sumber :
Buzan, Tony. 2006. buku pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar: